Search

10 Cara Singkirkan Bau Kaki, Mudah dan Murah - ayobandung.com

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Bau kaki bisa terjadi kepada siapa saja. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menyingkirkan bau tak sedap itu.

Bau pada kaki disebabkan adanya bakteri dan kondisi yang lembap. Bau kaki yang dalam bahasa medis disebut dengan istilah bromodosis memang bukan penyakit yang membahayakan. Namun, bau kaki bisa mengganggu orang-orang di sekitarnya bahkan bisa memengaruhi hubungan sosial.

Jika memiliki masalah tersebut, Anda bisa melakukan 10 cara menyingkirkan bau pada kaki ini, seperti dilansir dari Medical News Today, Rabu (19/2/2020).

1. Kaos kaki

Mengenakan kaos kaki sepanjang hari bisa mengurangi bau kaki. Kaos kaki, terutama yang terbuat dari material yang menyerap keringat, bisa mengurangi bau tak sedap dari kaki. Memakai kaos kaki juga dapat menghalangi bau sepatu menempel di kulit.

2. Sepatu

Sepatu yang sirkulasi udaranya baik bisa digunakan untuk mengurangi produksi keringat di kaki. Selain itu, sepatu tersebut dapat mengurangi kelembapan.

Pilihlah sepatu dengan lubang-lubang yang memang didesain agar udara di bagian dalam sepatu bersirkulasi dengan baik. Hindari sepatu berbahan plastik karena menyebabkan keringat dan bau kaki.

AYO BACA : 5 Manfaat untuk Tubuh dari Jalan Kaki 15 Menit

3. Rotasi sepatu dan kaos kaki

Sebisa mungkin jangan gunakan sepatu dan kaos kaki yang sama selama berhari-hari. Pakailah sepatu dan kaos kaki secara bergilir setiap hari. Dengan demikian, sepatu yang baru saja dipakai bisa kering dari keringat dan tidak berbau.

4. Ganti sol dalam sepatu

Menyingkirkan bau kaki juga bisa dimulai dari mengganti sol dalam sepatu. Gunakan sol sepatu antibakteri dan tidak menimbulkan bau. Jika sol itu tidak tersedia, Anda bisa semprotkan spray antibakteri ke sol sepatu.

5. Eksfoliasi kaki

Jangan hanya berkutat pada alas kaki saja jika ingin menghilangkan bau kaki. Di rumah, Anda sebaiknya rajin membersihkan kaki dengan scrub atau menggosok kaki dengan batu apung. Cara ini berguna mengelupas sel kulit mati yang menjadi tempat bersarangnya bakteri.

6. Air garam

Air garam juga diyakini ampuh mengurangi bau kaki. Cukup siapkan air hangat dalam ember kecil dan tuangkan garam. Rendam kaki selama 10 hingga 20 menit lalu keringkan.

AYO BACA : Menekukkan Kaki setelah Olahraga Ternyata Tak Sebabkan Varises

7. Air cuka

Selain garam, bahan di dapur yang bisa dimanfaatkan sebagai penghilang bau kaki adalah air cuka. Caranya rendam kaki dalam air yang sudah dicampur cuka selama 15 sampai 20 menit. Perbandingan antara air dengan cuka adalah 2:1.

Namun jika kaki Anda sedang terluka atau punya bekas luka, kiat ini tidak disarankan. Cuka dapat membuat iritasi di kulit semakin parah.

8. Antiperspirant

Antiperspirant atau spray penghilang bau keringat di ketiak cocok juga diaplikasikan di kaki. Semprotan ini akan membantu mengurangi produksi keringat pada telapak kaki. Jika diperlukan, Anda bisa pergi ke dokter dan meminta resep antiperspirant yang dosisnya sesuai kondisi kaki.

9. Ionthoporesis

Nama ionthoporesis mungkin masih asing di telinga kita. Ionthoporesis adalah pengobatan dengan mengalirkan listrik menuju kulit lewat air agar produksi keringat berkurang.

10. Botox

Botox tidak hanya digunakan untuk merawat kecantikan kulit wajah. Ternyata kaki yang bau juga bisa disembuhkan dengan botox. Namun, metode ini hanya mampu menghilangkan bau selama 3 hingga 4 bulan. Agar bau kaki tidak muncul lagi, botox harus dilakukan rutin setiap 3 sampai 4 bulan sekali.

AYO BACA : Soka, Kaos Kaki Pertama Bersertifikat Halal

Let's block ads! (Why?)



"bau" - Google Berita
February 19, 2020 at 02:58PM
https://ift.tt/37HszsM

10 Cara Singkirkan Bau Kaki, Mudah dan Murah - ayobandung.com
"bau" - Google Berita
https://ift.tt/2FuEzSY
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 Cara Singkirkan Bau Kaki, Mudah dan Murah - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.