Search

Cara Menghilangkan Bau Jengkol dan Bau Mulut Setelah Mengonsumsi Jengkol - merdeka.com

Cara Menghilangkan Bau Jengkol dan Bau Mulut Setelah Mengonsumsi Jengkol Jengkol. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Anda tentu sudah tahu jika jengkol memiliki bau khas yang cukup kuat. Pada sebagian orang, aroma ini tidak disukai dan dirasa mengganggu. Bau khas dari jengkol ini biasanya juga tertinggal di dalam mulut setelah Anda mengonsumsinya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengolah jengkol agar tidak bau. Di bawah ini juga terdapat cara menghilangkan bau jengkol pada mulut setelah mengonsumsi jengkol.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Jengkol Sebelum Diolah

005 siti rutmawati

https://ift.tt/3ddMIdU

Jengkol menjadi idaman sebagian orang yang bisa mengerti cara memasaknya. Jika bisa mengolahnya, jengkol akan menjadi semakin lezat, empuk, dan tidak bau. Berikut adalah cara memasak jengkol agar tidak bau:

1. Kupas Hingga Bersih
Pertama-tama tentu anda harus mengupas kulit jengkol yang berwarna coklat ini. Selaput pada jengkol juga harus dibuang dan dibersihkan dengan sempurna. Cara ini bertujuan menghilangkan rasa pahit pada jengkol.

2. Rendam dengan Air Es
Setelah dikupas bersih, rendam jengkol ke dalam air es. Cara menghilangkan bau jengkol dinilai cukup ampuh untuk menghilangkan bau pada bahan makanan yang satu ini. Anda bisa merendamnya selama satu malam. Selain air es, anda juga dapat merendam jengkol dengan air kapur sirih atau susu.

3. Rebus Jengkol
Sebelum mengolahnya menjadi semur atau sambal balado, anda perlu merebus jengkol sekitar satu jam. Cara ini berguna untuk menghilangkan pahit dan bau pada jengkol. Merebus jengkol juga bertujuan membuat teksturnya semakin empuk.
Untuk merebus jengkol, anda dapat menggunakan daun jeruk purut atau daun jambu biji. Selain itu, anda juga perlu merebusnya dengan daun salam untuk menghilangkan bau.

4. Rebus Jengkol Beberapa Kali
Anda bisa merebus jengkol selama beberapa kali. Metode ini bertujuan menghilangkan pahit dan bau. Jika direbus sekali, bau pada jengkol masih akan banyak tersisa. Anda bisa membuang air rebusan pertama dan mengganti air baru untuk direbus kedua kalinya. Pola perebusan semacam ini juga dapat membuat jengkol lebih enak saat diolah.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Mengonsumsi Jengkol

mulut

triangledentistry.com

Setelah anda mengetahui cara menghilangkan bau sebelum diolah, anda perlu mengetahui cara menghilangkan bau mulut setelah mengonsumsi jengkol. Anda tentu merasa tidak nyaman jika mulut anda bau jengkol.

Terlebih jika lawan bicara anda menunjukkan gestur-gestur tidak nyaman. Cara-cara di bawah ini dapat anda coba untuk menghilangkan bau jengkol pada mulut anda.

1. Kunyah Permen Karet

Cara menghilangkan bau jengkol di dalam mulut yang pertama adalah dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur anda. Air liur dapat berfungsi untuk membilas lidah anda dari partikel yang masih tersangkut di mulut.

3 dari 4 halaman

2. Kunyah Daun Mint

ilustrasi daun mint

2013 Merdeka.com/shutterstock.com/ittipon

Cara menghilangkan bau jengkol dalam mulut selanjutnya adalah dengan mengunyah daun mint. Anda dapat mengunyah beberapa daun mint untuk menghilangkan bau mulut setelah mengonsumsi jengkol.

Aroma segar dari daun mint dapat membantu anda menghilangkan bau jengkol. Setelah anda selesai mengunyah daun mint, anda dapat berkumur menggunakan air hangat untuk menghilangkan sisa-sisa daun mint di dalam mulut.

3. Konsumsi Mentimun

Selanjutnya, cara untuk menghilangkan bau jengkol di dalam mulut adalah dengan menggunakan mentimun. Pada saat anda mengunyah mentimun, akan ada sensasi segar di dalam mulut. Hal ini hampir sama seperti anda banyak meminum air putih.

4 dari 4 halaman

4. Minum Kopi Hitam

011 tantri setyorini

Pexels

Anda juga dapat menggunakan kopi hitam untuk menghilangkan bau jengkol dari dalam mulut. Ada dua cara menghilangkan bau jengkol pada mulut menggunakan kopi. Pertama, anda dapat menyeduh kopi hitam kemudian menyeruputnya. Kedua, anda dapat mengunyah langsung kopi yang telah di sangrai. Aroma kopi yang khas dan juga kuat inilah yang mampu menghilangkan bau jengkol pada mulut anda.

5. Konsumsi Susu

Cara menghilangkan bau mulut dari konsumsi jengkol selanjutnya adalah dengan mengonsumsi susu dan yogurt. Sama seperti halnya fungsi susu sebagai penetralisir tubuh yang mengalami keracunan makanan, susu dapat menetralisir bau jengkol. Susu yang dapat anda gunakan untuk menetralisir bau adalah susus murni.

Anda dapat berkumur menggunakan susu atau meminum susu dengan mengendapkannya terlebih dahulu di mulut. Meminim segelas susu dipercaya juga mampu menetralkan bau jengkol pada air seni.

[vna]

Let's block ads! (Why?)



"bau" - Google Berita
March 18, 2020 at 08:38PM
https://ift.tt/2wke6X5

Cara Menghilangkan Bau Jengkol dan Bau Mulut Setelah Mengonsumsi Jengkol - merdeka.com
"bau" - Google Berita
https://ift.tt/2FuEzSY
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Menghilangkan Bau Jengkol dan Bau Mulut Setelah Mengonsumsi Jengkol - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.