Search

5 Cara Mengurangi Bau Tak Sedap di Dapur - Suara.com

Suara.com - Sebagai tempat mengolah beragam bahan makanan menjadi hidangan bagi keluarga, dapur seringkali menjadi tempat tersibuk di rumah. Hasilnya, ada begitu banyak bahan makanan dalam berbagai bentuk, baik padat maupun cair, serta sampah yang dihasilkan dari proses pengolahan makanan. Belum lagi insiden-insiden yang terkadang terjadi, seperti makanan atau minuman tumpah, bahan makanan yang basi, atau masakan yang gosong akibat tidak hati-hati.

Karenanya, membersihkan dapur secara rutin sudah menjadi kewajiban bagi penghuni rumah yang memakainya. Namun, bila tidak cermat dalam membersihkan dapur, satu masalah yang bisa timbul adalah timbulnya bau tidak sedap.

Membersihkan dapur sendiri juga sedikit rumit. Dengan adanya bahan-bahan makanan yang dikonsumsi manusia, alat-alat makan, dan peralatan masak yang digunakan untuk mengolah bahan-bahan tersebut, penggunaan bahan kimia yang terlalu banyak juga bisa berbahaya.

Ikuti lima cara menjaga kebersihan dapur dari Dekoruma di bawah ini yang bisa mencegah bau tidak sedap hinggap di dapur.

1. Jangan Biarkan Sampah Menumpuk

Langkah pertama hanya memerlukan kedisiplinan. Jangan membiasakan menumpuk sampah sampai berhari-hari, terlebih dengan banyaknya sampah organik dari bahan masakan atau sisa makanan yang mudah sekali busuk. Bila ditunda, bau busuk dari sampah akan sangat mengganggu. Belum lagi risiko bakteri yang bisa menempel di peralatan masak atau makanan di dapur.

Untuk itu, buatlah jadwal untuk membuang sampah setiap harinya. Tidak perlu menunggu penuh dan buanglah secara rutin. Misalnya di malam hari setelah makan malam atau sebelum tidur.

2. Langsung Mencuci Piring dan Peralatan Masak

Jangan pernah menumpuk piring, peralatan makan, dan peralatan masak yang kotor di bak cuci. Diperparah dengan sisa-sisa makanan yang tidak dibuang dan kondisi yang lembap, sisa makanan akan membusuk dengan cepat dan menimbulkan aroma busuk yang tidak sedap dan mengundang lalat dan kecoa. Oleh karenanya, Anda harus langsung mencuci piring setiap selesai memasak dan makan.

3. Buang Makanan Basi dan Kedaluwarsa

Tanpa disadari, karena bahan makanan yang bertumpuk banyak, ada makanan-makanan yang kedaluwarsa di kulkas atau kabinet dapur. Biasakan diri untuk rutin mengecek bahan-bahan makanan di dapur. Bila basi atau kedaluwarsa, bahan-bahan makanan ini akan mulai mengeluarkan bau busuk yang tidak sehat untuk lingkungan dapur. Apalagi kalau hal ini terjadi di kulkas dan berisiko mengkontaminasi makanan lain yang masih segar atau layak konsumsi.

4. Rutin Bersihkan Sudut-sudut Dapur

Dapur terdiri dari beberapa bagian yang sudah seharusnya dibersihkan secara berkala, seperti kompor atau konter yang terciprat masakan atau tertumpah makanan. Begitu juga dengan kulkas yang berisi bahan-bahan makanan segar, kabinet berisi makanan kering, bak cuci piring, serta laci-laci penyimpanan peralatan makan dan masak.

Lap permukaan kompor dan konter dapur dengan cairan pembersih. Kemudian, gunakan penghilang bau di dalam kulkas, kabinet dapur, serta laci-laci tempat menyimpan peralatan makan dan masak.

5. Alternatif Disinfektan Alami yang Efektif

Takut dengan bahaya yang dibawa dari bahan kimia seperti cairan pembersih atau penghilang bau? Terdapat alternatif-alternatif disinfektan alami yang bisa digunakan. Misalnya, untuk membersihkan saluran air bak cuci, Anda bisa menggunakan soda kue untuk melancarkan saluran yang mampet dan mengurangi bau.

Daun pandan atau kopi bisa dipakai sebagai penghilang bau alami di kulkas dan kabinet tempat menyimpan peralatan masak, atau gunakan larutan air cuka sebagai penetral bau amis dari ikan atau hewan laut lainnya.

Artikel terkait:

Bunda, Sudah Tahu Serba-Serbi Humidifier untuk Bayi?
6 Rumah Minimalis Tampak Depan, Bikin Tetangga Berdecak Kagum!
8 Desain Rumah Idaman Sederhana Cantik Favorit Para Ibu

Let's block ads! (Why?)



"bau" - Google Berita
March 28, 2020 at 04:59PM
https://ift.tt/2Jk0WfA

5 Cara Mengurangi Bau Tak Sedap di Dapur - Suara.com
"bau" - Google Berita
https://ift.tt/2FuEzSY
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Cara Mengurangi Bau Tak Sedap di Dapur - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.