Search

6 Cara Mencegah Bau Mulut dan Menjaga Kebersihan Gigi Saat Ramadhan - Dream

Hukum Menyikat Gigi di Bulan Ramadhan

Dilansir dari laman nu.or.id, Imam Nawawi dalam Majmu, syarah al-Muhadzdzab menjelaskan, 

" Jika ada orang yang memakai siwak basah, kemudian airnya pisah dari siwak yang ia gunakan, atau cabang-cabang (bulu-bulu) kayunya itu lepas kemudian tertelan, maka puasanya batal tanpa ada perbedaan pendapat ulama. Demikian dijelaskan oleh al-Faurani dan lainnya. (Abi Zakriya Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmu’, Maktabah al-Irsyad, Jeddah, juz 6, halaman 343)."

Dari penjelasan tersebut kita bisa memahami bahwa menyikat gigi atau memakai siwak yang menyebabkan bulu sikat, bulu siwak, air bahkan pasta gigi tertelan baik secara disengaja maupun tidak, itu akan membatalkan puasa di bulan Ramadhan.

Memang hukum terkait hal ini masih menjadi perdebatan para ulama. Karena pasta gigi kini memiliki rasa, dan bila tidak hati-hati bisa tertelan. Sehingga beberapa mengatakan hukum menyikat gigi saat puasa diperbolehkan (mubah), dan yang lainnya menganggapnya makruh.

Intinya, menjaga kebersihan gigi dan mulut juga diharuskan saat bulan Ramadhan. Agar menyikat gigi tidak menjadi perkara yang membatalkan puasa di bulan Ramadhan, sebaiknya sikat gigi dilakukan selepas sahur sebelum imsak.

Atau jika tetap ingin menggosok gigi saat berpuasa Ramadhan, sebaiknya gosok gigilah tanpa menggunakan pasta gigi. Atau cukup dengan menyikat gigi kemudian berkumur seperti kumur saat berwudhu.

Let's block ads! (Why?)



"bau" - Google Berita
April 22, 2020 at 06:36AM
https://ift.tt/2zlusA5

6 Cara Mencegah Bau Mulut dan Menjaga Kebersihan Gigi Saat Ramadhan - Dream
"bau" - Google Berita
https://ift.tt/2FuEzSY
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Cara Mencegah Bau Mulut dan Menjaga Kebersihan Gigi Saat Ramadhan - Dream"

Post a Comment

Powered by Blogger.