Search

Cara Merawat Mukena Agar Tak Jamuran dan Bau Apek - Suara.com

Suara.com - Sebagai perlengkapan ibadah sehari-hari, mukena perlu mendapat perhatian ekstra. Meski hanya dikenakan beberapa menit saat salat, mukena sering lembap terkena air wudu. Kalau dibiarkan, mukena akan bau apek dan bukan tak mungkin jamuran.

Tanda mukena jamuran adalah munculnya bintik-bintik hitam di kain mukena. Kalau sudah begini, akan jauh lebih sulit untuk membersihkan mukena seperti sedia kala.

Nah, supaya mukena kamu tetap terjaga kebersihannya, terlebih menjelang bulan Ramadan ini, yuk pastikan kamu merawat mukena dengan cara yang benar. Tentunya ibadah akan lebih nyaman jika mengenakan mukena yang bersih dan berbau harum, bukan? Yuk, simak caranya!

1. Keringkan wajah setelah wudu

Hindari mengenakan mukena saat wajah masih dalam kondisi basah setelah wudu. Selain tak nyaman mengenakan mukena yang lembap, kebiasaan tak mengeringkan wajah setelah wudu juga bisa bikin mukena kamu cepat jamuran, lho. Sayang, kan, mukena kamu yang putih bersih harus dinodai titik-titik hitam jamur yang sulit dihilangkan.

2. Gantung mukena setelah digunakan

Hindari melipat mukena setelah kamu mengenakannya untuk salat. Yang terbaik adalah menggantung mukena untuk mencegahnya lembap.

3. Cuci mukena 2 minggu sekali

Mukena harus dicuci setidaknya 2 minggu sekali untuk memastikannya tetap bersih. Setelah dicuci, keringkan mukena di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung untuk mencegah serat kain mukena cepat rusak. Setelah mukena kering, setrika mukena hingga rapi. Simpan di dalam lemari, kalau perlu tambahkan kapur barus untuk mencegah jamur dan lembap ya.

4. Jangan pakai mukena yang sama terus-menerus

Agar mukena kamu awet, pastikan kamu tidak memakai mukena yang sama terus-menerus. Ketika mukena kamu dicuci, ganti mukenamu dengan yang lain. Dengan begitu, warna mukenamu tidak akan pudar karena tidak terus-menerus dicuci, dan bordirannya lebih awet.

Nah, itu dia cara merawat mukena agar awet dan nyaman dikenakan saat beribadah. Kamu butuh mukena baru untuk beribadah di bulan Ramadan nanti? Kamu bisa beli di , lho. Tersedia aneka pilihan mukena, mulai dari yang polos, bermotif, hingga berhias bordir mewah.

Let's block ads! (Why?)



"bau" - Google Berita
April 13, 2020 at 09:45AM
https://ift.tt/3cgUKSj

Cara Merawat Mukena Agar Tak Jamuran dan Bau Apek - Suara.com
"bau" - Google Berita
https://ift.tt/2FuEzSY
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Merawat Mukena Agar Tak Jamuran dan Bau Apek - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.